Sabtu, 14 Desember 2013

Cara Mengelola Blog atau Website Ala Orang Awam

Cara Mengelola Blog ini sengaja saya buat untuk para pengguna internet pemula yang masih suka bingung dengan hal-hal seputar blog dan website. yah, seperti saya dahulu yang sangat kebingungan dengan dunia blog ini, sebenarnya sampai sekarang juga masih bingung, tapi diam-diam aja ya... hehe..

Dalam blog saya ini, saya akan mengajarkan atau lebih tepatnya memberi tahu cara mengelola blog atau website ala orang awam, kenapa orang awam? karena saya adalah orang yang otaknya juga susah menerima hal-hal yang berbau intelek, oleh karena itu dalam setiap postingan dari artikel saya, saya akan menggunakan kata-kata yang biasa di dengar saja, karena lebih cepat dimengerti dan tersa lebih santai.

cara mengelola Blog Ala iq Payah
Cara Mengelola Blog


Cara Mengelola Blog itu sebenarnya sangat ribet , membosankan, dan membingungkan, mengapa? yah, nanti anda tahu sendirilah sekitar 1-2 bulan anda mempunyai blog atau website, maka akan terasa ribet sekali, 2-3 bulan maka akan terasa membingungkan, dan 3-4 bulan maka akan terasa membosankan. nah disitulah anda akan menentukan blog atau website anda akan lanjut untuk dikelola atau anda putus asa... hehe...

Sebelum anda memulai cara mengelola blog atau website, tentu anda harus punya dahulu sebuah blog atau website. nah untuk membuat blog atau website anda juga harus menentukan apa tujuan anda membuatnya? atau malah jangan-jangan anda belum tahu apa itu blog dan website ya? hehe.. Kalo sampean belum tahu blog itu apa, dan website itu apa, lihat aja ni di wikipedia.

Yang saya tahu, kalau blog itu ya isinya harus di update terus tuh, seperti ABG lagi facebook-an.. hehe... jadi blog itu berisi artikel-artikel yang sering di update sebagai informasi untuk dibaca sama pengunjung blog, sedangkan website itu hanya sekedar tempat menampilkan suatu informasi yang temanya tetap sama dari hari ke hari, belum ngerti? contoh aja deh, blog itu contohnya berisi artikel-artikel tutorial, tips dan trik, pengalaman, catatatn, dll. sedangkan website contohnya, ya website toko online, website pemerintahan, dan lain-lain, kalau diperhatikan isi dari website gitu-gitu aja kan, misal toko online isinya ya cuma menampilkan gambar itu-itu aja, website pemerintahan, ya isinya itu-itu aja paling update informasi pengumuman CPNS. hehe... jadi udah ngerti kan?

Nah jadi di sini anda harus mengetahui tujuan anda membuat blog atau website, baru anda belajar cara mengelolanya, tujuan membuat blog atau website itu banyak, cuma ingin terkenal, banyak teman, iseng-iseng, cari uang, dll. Jadi kalau sudah punya tujuan baru deh buat blog atau websitenya.

Setelah tujuan anda terkonsep, baru anda buat blog atau websitenya, bisa menggunakan platform gratis atupun yang berbayar, terserah kemampuan anda. Sesuaikan tema blog atau website anda dengan tujuan awal anda membuatnya, supaya lebih menarik untuk dikunjungi pengguna internet.

Nah inilah hal yang paling rumit dalam cara mengelola blog ini, yaitu mempopulerkan. mempopulerkan blog atau website adalah hal yang paling rumit dalam cara mengelola blog, apalagi jika kita sebagai pemula di dunia maya. beeehhhh.... bisa terasa memualkan perut... hehe...

Sebenarnya banyak cara untuk mempopulerkan sebuah blog, mulai cara offline maupun cara online, cara offline biasanya kalau blog atau website anda adalah website toko online, bisa dengan memberitahu teman-teman, dll. dan untuk cara online, anda perlu sedikit kerja keras karena pesaing ada banyak sekali terutama jika tujuan anda adalah mencari uang, anda perlu belajar SEO, internet marketing, dan cara promosi lainnya, namun jika tujuan anda hanyalah untuk kesengan dan membagi sebuah informasi kepada siapa saja yang berkenan membaca, anda bisa sedikit santai, dengan cara promosi pasang link di Facebook, Twitter, Google+ pun sudah lumayan.

Saya anjurkan kepada anda, untuk yang mempunyai tujuan mencari uang lewat internet menggunakan media blog atau website, jangan pernah berharap imbalan dari kerja anda dalam waktu 1-3 bulan awal, karena hal tersebut akan sulit sekali. Sebaiknya aturlah sedikit pemikiran anda supaya tidak semata-mata ingin mendapatkan uang dari blog atau website yang barusan anda buat, Aturlah seolah-olah anda hanya membuat blog atau website hanya untuk kesenangan semata, supaya nanti anda tidak akan merasakan kebosanan, sampai si kakek google mulai terangsang dengan blog anda.

Jika kakek google sudah terpesona melihat keindahan tubuh blog anda, maka lambat laut blog atau website anda akan mulai terkenal dan mulai banyak yang berkunjung, saat itulah baru anda mulai merasakan tujuan awal anda membuat blog.

Itulah sedikit gambaran cara mengelola blog atau website bagi orang-orang awam internet, sebenarnya cara di atas bisa diuraikan lagi dengan cara yang sangat detail dan panjang, mulai dari cara membuat blognya, proses registrasi, daftar sana sini, tapi untuk sementara, itu dulu pengetahuan yang harus dipersiapkan untuk cara mengelola blog atau website, untuk detailnya saya akan posting di artikel berikutnya.

Silahkan Komen Supaya Lebih Akrab... hehe..

Ditulis Oleh : Unknown // 07.05
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar